Perkuliahan Manajemen Pemasaran – Strategic Planning

Mata kuliah Manajemen Pemasaran oleh Prof. Dr. Ir. H Ujang Sumarwan, MSc. ini banyak hal yang saya dapatkan yaitu bukan hanya sekedar menjual dan memasarkan barang atau jasa saja tetapi kita harus me-maintain konsumen kita. Salah satunya yaitu melakukan perencanaan strategis (stategic planning). Pada prinsipnya, perencanaan adalah cara sistematis yang dilakukan organisasi dalam rangka mengendalikan masa depannya. Rencana adalah pernyataan mengenai apa yang ingin dicapai organisasi (tujuan), bagaimana mencapainya (strategi dan program), dan kapan mewujudkannya.

Salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh semua perusahaan adalah merumuskan perencanaan strategis (strategic planning), yang meliputi : penyusunan Strategic planning oleh Top management, penyusunan Tactical planning oleh Middle management dan penyusunan Operational planning oleh Supervisory management. Strategic Planning dirumuskan oleh Top Management dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki dan kapasitas untuk memenuhi peluang bagi pertumbuhan jangka panjang perusahaan. Kegiatannya meliputi:
1. Mendefinisikan misi perusahaan
2. Melakukan evaluasi terhadap lingkungan di dalam maupun diluar perusahaan (SWOT Analysis)
3. Menetapkan tujuan dan sasaran organisasi
4. Membangun portofolio bisnis
5. Menyusun strategi pertumbuhan

Rencana strategi pasar adalah suatu proses. Tujuan rencana strategi pada intinya adalah untuk mengantarkan kinerja di atas rata-rata ke dalam area pertumbuhan penjualan, untuk memperbaiki posisi saham dan untuk kinerja keuntungan jangka panjang. Adapun rencana strategi pasar defensive untuk menghasilkan kinerja keuntungan jangka pendek, melindungi posisi saham penting dan mengkontribusikan kinerja keuntungan jangka panjang dan posisi strategis. Sedangkan rencana strategi pasar ofensif membutuhkan investasi untuk berkembang, membatasi kinerja keuntungan jangka pendek, membangun pendapatan penjualan dan memperbaiki posisi saham.

 



Skip to toolbar